Pasar
Monopolistik adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen
yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang
dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk
lainnya. Contohnya adalah : shampoo, pasta gigi, dll. Meskipun fungsi semua
shampoo sama yakni untuk membersihkan rambut, tetapi setiap produk yang
dihasilkan produsen yang berbeda memiliki ciri khusus, misalnya perbedaan
aroma, perbedaan warna, kemasan, dan lain-lain.
Pada pasar
monopolistik, produsen memiliki kemampuan untuk memengaruhi harga walaupun
pengaruhnya tidak sebesar produsen dari pasar monopoli atau oligopoli.
Kemampuan ini berasal dari sifat barang yang dihasilkan. Karena perbedaan dan
ciri khas dari suatu barang, konsumen tidak akan mudah berpindah ke merek lain,
dan tetap memilih merek tersebut walau produsen menaikkan harga.
Setelah kita
mengetahui apa itu pasar monopolistik ,maka kita akan lebih muda dalam
menentukan cara yang paling tepat dalam berjualan dalam pasar tersebut.
Langkah
pertama yang harus dilakukan adalah menentukan
barang atau jasa apa yang akan kita jual di pasar tersebut.Kita harus
tahu apa serela masyarakat yang akan kita jadikan target penjualan,karena tidak
semua masyarakat memiliki selera dan kondisi ekonomi yang sama.Misalnya, di
Indonesia ,pada umumnya masyarakat menggunakan sapu untuk membersihkan
lantai.Sementara negara maju seperti Amerika Serikat menggunakan penyedot debu
.Sehingga bila kita berjualan sapu di Amerika Serikat tentu saja tidak ada yang
akan membelinya. Karenanya kita harus cermat dalam hal tersebut.
Langkah ke2
adalah memperhitungkan produk-produk yang sudah ada.Adakalanya terdapat penjual
yang memiliki pangsa pasar paling besar,sehingga menjadi saingan yang sangat
berat dan akan menjadi resiko kalau kita masuk dalam pasaran tersebut.Suatu
saat perusahaan besar tersebut mungkin akan memainkan harga,dengan menjual
barangnya dengan harga yang sangat murah.Sehingga perusahaan kecil yang lainnya
akan kesulitan mengadaptasikan diri dengan harga yang ada di pasaran,sehingga
akan bangkrut.Setelah berhasil menjatuhkan saingannya,perusahaan besar tersebut
akan menaikan harga barangnya kembali ke harga normal.Oleh karena itu,usaha kan
mencari barang yang tidak terdapat penjual yang kira-kira memiliki kemampuan
tersebut.
Langkah ke 3
adalah menentukan kualitas barang ,dari mana sumber daya yang kita perlukan
dapat kita dapatkan,dan cara
memproduksi.Usahakan untuk mendapatkan sumber daya tersebut tidak memerlukan
ongkos kirim yang tinggi ,dan dengan harga semurah mungkin,namun dengan
kualitas yang cukup.Lalu kita tentukan cara memproduksi sepeti apa yang paling
efisien.Tiga hal tersebut akan mempengaruhi harga yang akan kita tawarkan
kepada masyarakat.Jika harga yang kita tawarkan terlalu tinggi, maka tidak ada
yang akan membeli produk kita.Sehingga menentukan harga merupakan salah satu
kunci keberhasilan penjualan.
Langkah ke 4
adalah menentukan apa yang akan menjadi keunggulan ,atau ciri khas dari produk
kita.Seperti yang di sebutkan di atas,bahwa pasar monopolistik barang yang
dijual memiliki berbagai variasi.Kita harus tahu ,kira-kira model seperti apa
yang di senangi oleh masyarakat.Kita harus membuat produk kita lebih menonjol
dari produk yang lain.
Langkah
berikutnya adalah melakukan promosi produk.Tanpa promosi yang baik, barang
dengan kualitas sebaik apapun dan harga semurah apapun ,tidak ada yang akan
membelinya.Kita harus tentukan siapa yang akan kita jadikan target
penjualan,media apa yang digunakan,dan kapan promosi tersebut dilakukan
.Misalnya kita menjual mainan robot-robotan,tentunya yang cocok adalah majalah
anak,tidak akan berhasil bila kita meggunakan koran.Karena anak-anak tidak
tertarik membaca koran.Misalnya kita menjual produk makanan ringan yang disukai
oleh anak-anak.Misalnya, media iklan kita adalah tv,namun kita menayangkan iklan
kita jam 10 malam.Tentunya tidak ada yang akan membeli produk kita,karena pada
jam 10 anak-anak sudah tidur, yang ada adalah orang dewasa.
Langkah
berikutnya adalah menentukan cara pendistribusian barang.Kita harus mencari
pendistribusian yang paling efektif dan tidak memakan banyak biaya.
Kita tetap
harus terus berinovasi,karena tren di masyarakat terus berubah.Kita harus lebih
cepat dalam memanfaatkan kesempatan dari pada pengusaha yang lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Yang sopan ya kalau ngeluarin uneg-unegnya,biar orang lain juga enak liatnya