Permintaan Dan Penawaran



Permintaan dan penawaran


A .   Permintaan
·        Pengertian permintaan (demand).Permintaan adalah Jumlah badan jasa yang diminta /dibeli/dibutuhkan konsumen pada pasar tertentu,dengan harga tertentu,dan pada waktu/saat tertentu.
Contoh : Adul membeli beras 10 kg dengan harga Rp 75.000 di toko “Sejahtera” pada siang hari
·       Macam-macam permintaan
1.      Permintaan Absolut/mutlak = Permintaan terhadap barang atau jasa tanpa mempertimbangkan kondisi/keadaan keuangan yang ada/tersedia pada saat kebutuhan tersebut muncul.
2.      Permintaan Efektif = Permintaan terhadap barang dan jasa yang disertai/didukung kemampuan/daya beli untuk membeli
3.      Permintaan potensial = Permintaan terhadap barang dan jasa yang ada dalam diri konsumen
·       Faktor-faktor  yang mempengaruhi permintaan:
1.      Harga barang itu sendiri.
Harga barang akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika harga naik jumlah permintaan barang tersebut akan meningkat, sedangkan jika harga turun maka jumlah permintaan barang akan menurun.
2.      Kebutuhan terhadap barang.Jika seseorang memerlukan barang tersebut maka pasti akan memenuhinya.Contoh : misalnya dengan meningkatnya curah hujan maka intensitas kebutuhan akan jas hujan semakin meningkat. Konsumen akan bersedia membeli jas hujan hingga Rp25.000,00 walaupun kenyataannya harga jas hujan Rp15.000,00.
3.      Besarnya Pendapatan.
Besarnya pendapatan juga mempengaruhi permintaan seseorang dimana jika pendapatan konsumen/orang tersebut besar maka permintaannya pun semakin tinggi begutu juga kebalikannya
4.      Usia
5.      Tradisi/kebiasaan konsumen. Contoh : Makanan pokok.Example : Orang Indonesia makanan pokoknya adalah nasi sesuai kebiasaan orang Indonesia
6.      Lingkungan social.
Pengaruh lingkungan social juga memberi andil seseorang untuk melakukan permintaan.Contoh : Saat Angga membeli mie pangsit ,Adam pun yang melihat Angga makan mie pangsit tersebut menjadi ingin membeli mie pangsit,dan adam pun membeli mie pangsit
7.      Sifat Seseorang.
    Contoh : Regina yang memiliki sifat boros,kemudian dia melihat barang maka dia langsung membelinya.
8.      Jumlah barang yang tersedia maupun yang telah dimiliki.
Contoh : Bensin. Saat bensin motor Ayah saya tinggal setengah maka Ayah saya pun membeli bensin hanya setengah  saja.
9.      Kegunaan barang
10.  Kebijaksanaan pajak/pajak yang diberikan
11.  Ada tidaknya barang subtitusi/pengganti.
Contoh : Antara LPG dengan Minyak Tanah.
Saat Minyak tanyah yang bersubsidi,kemudian oleh pemerintah subsidi tersebut dicabut dan dikonversi menjadi LPG yang harganya lebih murah dibanding minyak tanah maka permintaan terhadap minyak tanah pun semakin menurun diganti dengan permintaan terhadap LPG yang meningkat atau Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
12.  Sifat Barang.
13.  Selera. Contoh : Saya suka nasi goring,saat makan bakso saya bisa menghabiskan 2-3 porsi,tapi saat saya beli gado-gado,saya tidak makan gado-gado terlalu banyak mungkin hanya 1 porsi atau bahkan kurang
14.  Jumlah Penduduk.Jika semakin bayak jumlah penduduk maka semakin banyak pula permintaan yang ada.
15.  Perkiraan harga di masa depan. Jika di masa yang akan datang harga suatu barang akan mahal maka permintaan pun banyak pada masa sekarang dan sebaliknya


B. Penawaran
·        Pengertian.Penawaran adalah  jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen pada konsumen pada saat tertentu,harga tertentu,dan pasar tertentu.
·         Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
1.      Besarnya factor produksi
2.      Jumlah barang yang diproduksi.Saat permintaan banyak maka jumlah penawaranpun otomatis banyak.
3.      Harga barang-barang lain. Saat harga barang lain naik maka harga barang yang lain pun akan ikut naik.Contoh : Saat bulan Ramadhan,harga cabai naik kemudian diikuti dengan harga sembako yang lainnya.
4.      Jumlah barang yang tersedia di pasar.Jika dipasar jumlah barang yang tersedia (dalam satu jenis) masih banyak maka penawaran yang diberikanpun akan relative sedikit karena pengaruh dari permintaan yang sedikit
5.      Harapan harga pada masa mendatang
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
6.      Penetapan harga oleh pemerintah
7.      Luas sempitnya daerah pemasaran
8.      Kebijaksanaan dibidang perdagangan
9.      Besarnya modal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yang sopan ya kalau ngeluarin uneg-unegnya,biar orang lain juga enak liatnya