Permintaan dan penawaran
A .
Permintaan
· Pengertian
permintaan (demand).Permintaan
adalah Jumlah badan jasa yang diminta /dibeli/dibutuhkan konsumen pada pasar
tertentu,dengan harga tertentu,dan pada waktu/saat tertentu.
Contoh :
Adul membeli beras 10 kg dengan harga Rp 75.000 di toko “Sejahtera” pada siang
hari
· Macam-macam permintaan
1. Permintaan Absolut/mutlak =
Permintaan terhadap barang atau jasa tanpa mempertimbangkan kondisi/keadaan
keuangan yang ada/tersedia pada saat kebutuhan tersebut muncul.
2. Permintaan Efektif = Permintaan
terhadap barang dan jasa yang disertai/didukung kemampuan/daya beli untuk
membeli
3. Permintaan potensial = Permintaan
terhadap barang dan jasa yang ada dalam diri konsumen
· Faktor-faktor yang mempengaruhi
permintaan:
1. Harga barang itu sendiri.
Harga barang akan
memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika harga naik jumlah permintaan
barang tersebut akan meningkat, sedangkan jika harga turun maka jumlah
permintaan barang akan menurun.
2. Kebutuhan terhadap barang.Jika
seseorang memerlukan barang tersebut maka pasti akan memenuhinya.Contoh :
misalnya dengan meningkatnya curah hujan maka intensitas kebutuhan akan jas
hujan semakin meningkat. Konsumen akan bersedia membeli jas hujan hingga
Rp25.000,00 walaupun kenyataannya harga jas hujan Rp15.000,00.
3. Besarnya Pendapatan.
Besarnya pendapatan juga
mempengaruhi permintaan seseorang dimana jika pendapatan konsumen/orang
tersebut besar maka permintaannya pun semakin tinggi begutu juga kebalikannya
4. Usia
5. Tradisi/kebiasaan konsumen. Contoh :
Makanan pokok.Example : Orang Indonesia makanan pokoknya adalah nasi sesuai
kebiasaan orang Indonesia
6. Lingkungan social.
Pengaruh lingkungan
social juga memberi andil seseorang untuk melakukan permintaan.Contoh : Saat
Angga membeli mie pangsit ,Adam pun yang melihat Angga makan mie pangsit
tersebut menjadi ingin membeli mie pangsit,dan adam pun membeli mie pangsit
7. Sifat Seseorang.
Contoh : Regina yang memiliki sifat
boros,kemudian dia melihat barang maka dia langsung membelinya.
8. Jumlah barang yang tersedia maupun
yang telah dimiliki.
Contoh : Bensin. Saat
bensin motor Ayah saya tinggal setengah maka Ayah saya pun membeli bensin hanya
setengah saja.
9. Kegunaan barang
10. Kebijaksanaan pajak/pajak yang
diberikan
11. Ada tidaknya barang
subtitusi/pengganti.
Contoh : Antara LPG
dengan Minyak Tanah.
Saat Minyak tanyah yang
bersubsidi,kemudian oleh pemerintah subsidi tersebut dicabut dan dikonversi
menjadi LPG yang harganya lebih murah dibanding minyak tanah maka permintaan
terhadap minyak tanah pun semakin menurun diganti dengan permintaan terhadap
LPG yang meningkat atau Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal
maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
12. Sifat Barang.
13. Selera. Contoh : Saya suka nasi
goring,saat makan bakso saya bisa menghabiskan 2-3 porsi,tapi saat saya beli
gado-gado,saya tidak makan gado-gado terlalu banyak mungkin hanya 1 porsi atau
bahkan kurang
14. Jumlah Penduduk.Jika semakin bayak
jumlah penduduk maka semakin banyak pula permintaan yang ada.
15. Perkiraan harga di masa depan. Jika
di masa yang akan datang harga suatu barang akan mahal maka permintaan pun
banyak pada masa sekarang dan sebaliknya
B. Penawaran
·
Pengertian.Penawaran
adalah jumlah barang dan jasa yang
ditawarkan oleh produsen pada konsumen pada saat tertentu,harga tertentu,dan
pasar tertentu.
·
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran
1.
Besarnya
factor produksi
2.
Jumlah
barang yang diproduksi.Saat permintaan banyak maka jumlah penawaranpun otomatis
banyak.
3.
Harga
barang-barang lain. Saat harga barang lain naik maka harga barang yang lain pun
akan ikut naik.Contoh : Saat bulan Ramadhan,harga cabai naik kemudian diikuti
dengan harga sembako yang lainnya.
4.
Jumlah
barang yang tersedia di pasar.Jika dipasar jumlah barang yang tersedia (dalam
satu jenis) masih banyak maka penawaran yang diberikanpun akan relative sedikit
karena pengaruh dari permintaan yang sedikit
5.
Harapan
harga pada masa mendatang
Ketika harga jual akan
naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak
output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika
harga naik akibat berbagai faktor.
6.
Penetapan
harga oleh pemerintah
7.
Luas
sempitnya daerah pemasaran
8.
Kebijaksanaan
dibidang perdagangan
9.
Besarnya
modal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Yang sopan ya kalau ngeluarin uneg-unegnya,biar orang lain juga enak liatnya